GpW7TUClTpG9TSApBSA9BSAoGd==

Mengenal Macam dan Fungsi Network Modes di VirtualBox

 Sebelumnya kita mengenal dulu istilah:

  • Komputer Fisik kita sebut sebagai host
  • Komputer Virtual kita sebut sebagai vm

  • Not attached

Not attached artinya virtual machine kita akan terpasang sebuang kartu jaringan tetapi kartu jaringan tersebut tidak memiliki akses jaringan.

  • NAT


NAT adalah singkatan dari Network Address Translation yang berfungsi menyediakan akses jaringan publik untuk sebuah private network.

  • NAT Network


Sama seperti NAT sebelumnya, bedanya adalah vm satu dengan vm lainya dapat terhubung (vm sama sama dikonfigurasikan nat network).

Tetapi masih sama, komputer fisik (host) tidak dapat mengakses komputer vm (guest).

Kapan menggunakan mode NAT Network? Ketika kalian ingin 2 vm atau lebih yang tersambung ke internet tanpa ribet dan masing masing vm tersebut dapat saling terhubung.


  • Bridged Adapter


dengan mode ini, vm dapat menggunakan jaringan dari suatu adaptor komputer fisik secara penuh. Semisalnya kalian mempunyai akses WiFi di komputer fisik (host) kalian, maka kalian bisa membagi koneksi tersebut ke vm secara mudah.


  • Internal Network


Seperti namanya, dengan jaringan ini vm akan memiliki sebuah jaringan “Virtual” yang bekerja di lingkup “Virtual” juga. artinya dengan mode ini, VirtualBox akan membuatkan sebuah lingkup Virtual Network, network yang dibuat akan terisolasi dengan luar artinya tidak dapat diakses dari komputer fisik (host).

Tetapi sesama vm dapat saling terhubung asalkan sama sama di koneksikan kedalam Internal Network dengan nama yang sama.

  • Host-Only


Mode Host-only ini hampir mirim dengan Internal Network, tapi perbedaanya komputer fisik (host) dapat mengakses atau dapat terhubung ke vm juga begitupun dengan vm lainya.


Perbandingan semua mode di atas sebagai berikut:

Mode

VM→Host

VM←Host

VM1↔VM2

VM→Net/LAN

VM←Net/LAN

Host-only

+

+

+

Internal

+

Bridged

+

+

+

+

+

NAT

+

Port forward

+

Port forward

NATservice

+

Port forward

+

+

Port forward